Dialog Iblis vs Rasulullah SAW

Dialog Iblis vs Rasulullah SAW

Allah SWT telah memerintahkan seorang Malaikat menemui Iblis supaya dia menghadap Rasulullah saw untuk memberitahu segala rahasianya, baik yang disukai maupun yang dibencinya. Hikmatnya ialah untuk meninggikan derajat Nabi Muhammad SAW dan juga sebagai peringatan dan perisai kepada umat manusia.

Maka Malaikat itu pun berjumpa Iblis dan berkata, “Hai Iblis! Bahwa Allah Yang Maha Mulia dan Maha Besar memberi perintah untuk menghadap Rasullullah saw. Hendaklah engkau buka segala rahasiamu dan apapun yang ditanya Rasulullah hendaklah engkau jawab dengan sebenar-benarnya. Jikalau engkau berdusta walau satu perkataan pun, niscaya akan terputus semua anggota badanmu, uratmu, serta disiksa dengan azab yang amat keras.”

Mendengar ucapan Malaikat yang dahsyat itu, Iblis sangat ketakutan. Maka segeralah dia menghadap Rasulullah SAW dengan menyamar sebagai seorang tua yang buta sebelah matanya dan berjanggut putih 10 helai, panjangnya seperti ekor lembu.

Iblis pun memberi salam, sehingga 3 kali tidak juga dijawab oleh Rasulullah saw. Maka sambut Iblis (alaihi laknat), “Ya Rasulullah! Mengapa engkau tidak mejawab salamku? Bukankah salam itu sangat mulia di sisi Allah?”

Maka jawab Nabi dengan marah, “Hai Aduwullah seteru Allah! Kepadaku engkau menunjukkan kebaikanmu? Janganlah mencoba menipuku sebagaimana kau tipu Nabi Adam a.s sehingga keluar dari syurga, Habil mati teraniaya dibunuh Qabil dengan sebab hasutanmu, Nabi Ayub engkau tiup dengan asap beracun ketika dia sedang sujud sembahyang hingga dia sengsara beberapa lama, kisah Nabi Daud dengan perempuan Urya, Nabi Sulaiman meninggalkan kerajaannya karena engkau menyamar sebagai isterinya dan begitu juga beberapa Anbiya dan pendeta yang telah menanggung sengsara akibat hasutanmu.

Hai Iblis! Sebenarnya salam itu sangat mulia di sisi Allah azza wajalla, cuma salammu saja aku tidak hendak menjawabnya karena diharamkan Allah. Maka aku kenal baik-baik engkaulah Iblis, raja segala iblis, syaitan dan jin yang menyamar diri. Apa kehendakmu datang menemuiku?”

Taklimat Iblis, “Ya Nabi Allah! Janganlah engkau marah. Karena engkau adalah Khatamul Anbiya maka dapat mengenaliku. Kedatanganku adalah diperintah Allah untuk memberitahu segala tipu dayaku terhadap umatmu dari zaman Nabi Adam hingga akhir zaman. Ya Nabi Allah! Setiap apa yang engkau tanya, aku bersedia menerangkan satu persatu dengan sebenarnya, tiadalah aku berani menyembunyikannya.”

Maka Iblis pun bersumpah menyebut nama Allah dan berkata, “Ya Rasulullah! Sekiranya aku berdusta barang sepatah pun niscaya hancur leburlah badanku menjadi abu.” Apabila mendengar sumpah Iblis itu, Nabi pun tersenyum dan berkata dalam hatinya, inilah satu peluangku untuk menyiasati segala perbuatannya agar didengar oleh sekalian sahabat yang ada di majlis ini dan menjadi perisai kepada seluruh umatku.

Pertanyaan Nabi (1):
“Hai Iblis! Siapakah sebesar-besar musuhmu dan bagaimana aku terhadapmu?”
Jawab Iblis:
“Ya Nabi Allah! Engkaulah musuhku yang paling besar di antara segala musuhku di muka bumi ini.”
Maka Nabi pun memandang muka Iblis, dan Iblis pun menggeletar karena ketakutan. Sambung Iblis, “Ya Khatamul Anbiya! Ada pun aku dapat merubah diriku seperti sekalian manusia, binatang dan lain-lain hingga rupa dan suara pun tidak berbeda, kecuali dirimu saja yang tidak dapat aku tiru karena dicegah oleh Allah.
Kiranya aku menyerupai dirimu, maka terbakarlah diriku menjadi abu. Aku cabut iktikad / niat anak Adam supaya menjadi kafir karena engkau berusaha memberi nasihat dan pengajaran supaya mereka kuat untuk memeluk agama Islam, begitu jugalah aku berusaha menarik mereka kepada kafir, murtad atau munafik. Aku akan menarik seluruh umat Islam dari jalan benar menuju jalan yang sesat supaya masuk ke dalam neraka dan kekal di dalamnya bersamaku.”

Pertanyaan Nabi (2):
“Hai Iblis! Bagaimana perbuatanmu kepada makhluk Allah?”
Jawab Iblis:
“Adalah satu kemajuan bagi perempuan yang merenggangkan kedua pahanya kepada lelaki yang bukan suaminya, setengahnya hingga mengeluarkan benih yang salah sifatnya. Aku goda semua manusia supaya meninggalkan sholat, terbuai dengan makan minum, berbuat durhaka, aku lalaikan dengan harta benda daripada emas, perak dan permata, rumahnya, tanahnya, ladangnya supaya hasilnya dibelanjakan ke jalan haram.
Demikian juga ketika pesta yang bercampur antara lelaki dan perempuan. Disana aku lepaskan sebesar-besar godaan supaya hilang peraturan dan minum arak. Apabila terminum arak itu maka hilanglah akal, fikiran dan malunya. Lalu aku ulurkan tali cinta dan terbukalah beberapa pintu maksiat yang besar, datang perasaan hasad dengki hingga kepada pekerjaan zina. Apabila terjadi kasih antara mereka, terpaksalah mereka mencari uang hingga menjadi penipu, peminjam dan pencuri.
Apabila mereka teringat akan salah mereka lalu hendak bertaubat atau berbuat amal ibadat, aku akan rayu mereka supaya mereka menangguhkannya. Bertambah keras aku goda supaya menambahkan maksiat dan mengambil isteri orang. Bila kena goda hatinya, datanglah rasa ria, takabur, megah, sombong dan melengahkan amalnya. Bila pada lidahnya, mereka akan gemar berdusta, mencela dan mengumpat. Demikianlah aku goda mereka setiap saat.”

Pertanyaan Nabi (3):
“Hai Iblis! Mengapa engkau bersusah payah melakukan pekerjaan yang tidak mendatangkan faedah bahkan menambahkan laknat yang besar serta siksa yang besar di neraka yang paling bawah? Hai yang dikutuk Allah! Siapa yang menjadikanmu? Siapa yang melanjutkan usiamu? Siapa yang menerangkan matamu? Siapa yang memberi pendengaranmu? Siapa yang memberi kekuatan anggota badanmu?”
Jawab Iblis:
“Semuanya itu adalah anugerah daripada Allah Yang Maha Besar juga. Tetapi hawa nafsu dan takabur membuatku menjadi jahat sebesar-besarnya. Engkau lebih tahu bahwa Diriku telah beribu-ribu tahun menjadi ketua seluruh Malaikat dan pangkatku telah dinaikkan dari satu langit ke satu langit yang tinggi. Kemudian Aku tinggal di dunia ini beribadat bersama sekalian Malaikat beberapa waktu lamanya.
Tiba-tiba datang firman Allah SWT hendak menjadikan seorang Khalifah di dunia ini, maka akupun membantah. Lalu Allah menciptakan lelaki (Nabi Adam) lalu dititahkan seluruh Malaikat memberi hormat kepada lelaki itu, kecuali aku yang ingkar. Oleh karena itu Allah murka kepadaku dan wajahku yang tampan rupawan dan bercahaya itu bertukar menjadi keji dan kelam. Aku merasa sakit hati. Kemudian Allah menjadikan Adam raja di syurga dan dikurniakan seorang permaisuri (Siti Hawa) yang memerintah seluruh bidadari. Aku bertambah dengki dan dendam kepada mereka.
Akhirnya aku berhasil menipu mereka melalui Siti Hawa yang menyuruh Adam memakan buah Khuldi, lalu keduanya diusir dari syurga ke dunia. Keduanya berpisah beberapa tahun dan kemudian dipertemukan Allah (di Padang Arafah), hingga mereka mendapat beberapa orang anak. Kemudian kami hasut anak lelakinya Qabil supaya membunuh saudaranya Habil. Itu pun aku masih tidak puas hati dan berbagai tipu daya aku lakukan hingga Hari Kiamat.
Sebelum Engkau lahir ke dunia, aku beserta bala tentaraku dengan mudah dapat naik ke langit untuk mencuri segala rahasia serta tulisan yang menyuruh manusia berbuat ibadat serta balasan pahala dan syurga mereka. Kemudian aku turun ke dunia, dan memberitahu manusia yang lain aripada apa yang sebenarnya aku dapatkan, dengan berbagai tipu daya hingga tersesat dengan berbagai kitab bid’ah dan carut-marut.
Tetapi ketika engkau lahir ke dunia ini, maka aku tidak dibenarkan oleh Allah untuk naik ke langit serta mencuri rahasia, kerana banyak Malaikat yang menjaga di setiap lapisan pintu langit. Jika aku berkeras juga hendak naik, maka Malaikat akan melontarkan anak panah dari api yang menyala. Sudah banyak bala tenteraku yang terkena lontaran Malaikat itu dan semuanya terbakar menjadi abu. Maka besarlah kesusahanku dan bala tentaraku untuk menjalankan tugas menghasut.”

Pertanyaan Nabi (4):
“Hai Iblis! Apakah yang pertama engkau tipu dari manusia?”
Jawab Iblis:
“Pertama sekali aku palingkan iktikad / niatnya, imannya kepada kafir juga ada dari segi perbuatan, perkataan, kelakuan atau hatinya. Jika tidak berhasil juga, aku akan tarik dengan cara mengurangi pahala. Lama-kelamaan mereka akan terjerumus mengikut kemauan jalanku”

Pertanyaan Nabi (5):
“Hai Iblis! Jika umatku sholat karena Allah, bagaimana keadaanmu?”
Jawab Iblis:
“Sebesar-besarnya kesusahanku. Gementarlah badanku dan lemah tulang sendiku. Maka aku kerahkan berpuluh-puluh iblis datang menggoda seorang manusia, pada setiap anggota badannya.
Setengah-setengahnya datang pada setiap anggota badannya supaya malas sholat, was-was, terlupa bilangan rakaatnya, bimbang pada pekerjaan dunia yang ditinggalkannya, sentiasa hendak cepat habis sholatnya, hilang khusyuknya – matanya sentiasa menjeling ke kiri kanan, telinganya senantiasa mendengar orang bercakap serta bunyi-bunyi yang lain. Setengah Iblis duduk di belakang badan orang yang sembahyang itu supaya dia tidak kuasa sujud berlama-lama, penat atau duduk tahiyat dan dalam hatinya senantiasa hendak cepat habis sholatnya, itu semua membawa kepada kurangnya pahala. Jika para Iblis itu tidak dapat menggoda manusia itu, maka aku sendiri akan menghukum mereka dengan seberat-berat hukuman.”

Pertanyaan Nabi (6):
“Jika umatku membaca Al-Quran karena Allah, bagaimana perasaanmu?”
Jawab Iblis:
“Jika mereka membaca Al-Quran karena Allah, maka rasa terbakarlah tubuhku, putus-putus segala uratku lalu aku lari daripadanya.”

Pertanyaan Nabi (7):
“Jika umatku mengerjakan haji karena Allah, bagaimana perasaanmu?”
Jawab Iblis:
“Binasalah diriku, gugurlah daging dan tulangku karena mereka telah mencukupkan rukun Islamnya.”

Pertanyaan Nabi (8):
“Jika umatku berpuasa karena Allah, bagaimana keadaanmu?”
Jawab Iblis:
“Ya Rasulullah! Inilah bencana yang paling besar bahayanya kepadaku. Apabila masuk awal bulan Ramadhan, maka memancarlah cahaya Arasy dan Kursi, bahkan seluruh Malaikat menyambut dengan suka cita. Bagi orang yang berpuasa, Allah akan mengampunkan segala dosa yang lalu dan digantikan dengan pahala yang amat besar serta tidak dicatatkan dosanya selama dia berpuasa. Yang menghancurkan hatiku ialah segala isi langit dan bumi, yakni Malaikat, bulan, bintang, burung dan ikan-ikan semuanya siang malam mendoakan ampunan bagi orang yang berpuasa. Satu lagi kemuliaan orang berpuasa ialah dimerdekakan pada setiap masa dari azab neraka. Bahkan semua pintu neraka ditutup manakala semua pintu syurga dibuka seluas-luasnya, serta dihembuskan angin dari bawah Arasy yang bernama Angin Syirah yang amat lembut ke dalam syurga. Pada hari umatmu mulai berpuasa, dengan perintah Allah datanglah sekalian Malaikat dengan garangnya menangkapku dan tentaraku, jin, syaitan dan ifrit lalu dipasung kaki dan tangan dengan besi panas dan dirantai serta dimasukkan ke bawah bumi yang amat dalam. Di sana pula beberapa azab yang lain telah menunggu kami. Setelah habis umatmu berpuasa barulah aku dilepaskan dengan perintah agar tidak mengganggu umatmu. Umatmu sendiri telah merasa ketenangan berpuasa sebagaimana mereka bekerja dan bersahur seorang diri di tengah malam tanpa rasa takut dibandingkan bulan biasa.”

Pertanyaan Nabi (9):
“Hai Iblis! Bagaimana seluruh sahabatku menurutmu?”
Jawab Iblis:
“Seluruh sahabatmu juga adalah sebesar – besar seteruku. Tiada upayaku melawannya dan tiada satu tipu daya yang dapat masuk kepada mereka. Karena engkau sendiri telah berkata: “Seluruh sahabatku adalah seperti bintang di langit, jika kamu mengikuti mereka, maka kamu akan mendapat petunjuk.”

Saidina Abu Bakar al-Siddiq sebelum bersamamu, aku tidak dapat mendekatinya, apalagi setelah berdampingan denganmu. Dia begitu percaya atas kebenaranmu hingga dia menjadi wazirul a’zam. Bahkan engkau sendiri telah mengatakan jika ditimbang seluruh isi dunia ini dengan amal kebajikan Abu Bakar, maka akan lebih berat amal kebajikan Abu Bakar. Tambahan pula dia telah menjadi mertuamu karena engkau menikah dengan anaknya, Saiyidatina Aisyah yang juga banyak menghafadz Hadits-haditsmu.

Saidina Umar Al-Khattab pula tidaklah berani aku pandang wajahnya karena dia sangat keras menjalankan hukum syariat Islam dengan seksama. Jika aku pandang wajahnya, maka gemetarlah segala tulang sendiku karena sangat takut. Hal ini karena imannya sangat kuat apalagi engkau telah mengatakan, “Jikalau adanya Nabi sesudah aku maka Umar boleh menggantikan aku”, karena dia adalah orang harapanmu serta pandai membedakan antara kafir dan Islam hingga digelar ‘Al-Faruq’.

Saidina Usman Al-Affan lagi, aku tidak bisa bertemu, karena lidahnya senantiasa bergerak membaca Al-Quran. Dia penghulu orang sabar, penghulu orang mati syahid dan menjadi menantumu sebanyak dua kali. Karena taatnya, banyak Malaikat datang melawat dan memberi hormat kepadanya karena Malaikat itu sangat malu kepadanya hingga engkau mengatakan, “Barang siapa menulis Bismillahir rahmanir rahim pada kitab atau kertas-kertas dengan dakwat merah, nescaya mendapat pahala seperti pahala Usman mati syahid.”

Saidina Ali Abi Talib pun itu aku sangat takut karena hebatnya dan gagahnya dia di medan perang, tetapi sangat sopan santun, alim orangnya. Jika iblis, syaitan dan jin memandang beliau, maka terbakarlah kedua mata mereka karena dia sangat kuat beribadat serta beliau adalah golongan orang pertama memeluk agama Islam dan tidak pernah menundukkan kepalanya kepada sebarang berhala. Bergelar ‘Ali Karamullahu Wajhahu’ – dimuliakan Allah akan wajahnya dan juga ‘Harimau Allah’ dan engkau sendiri berkata, “Akulah negeri segala ilmu dan Ali itu pintunya.” Tambahan pula dia menjadi menantumu, semakin aku ngeri kepadanya.”

Pertanyaan Nabi (10):
“Bagaimana tipu daya engkau kepada umatku?
Jawab Iblis:
“Umatmu itu ada tiga macam. Yang pertama seperti hujan dari langit yang menghidupkan segala tumbuhan yaitu ulama yang memberi nasihat kepada manusia supaya mengerjakan perintah Allah serta meninggalkan laranganNya seperti kata Jibril a.s, “Ulama itu adalah pelita dunia dan pelita akhirat.” Yang kedua umat tuan seperti tanah yaitu orang yang sabar, syukur dan ridha dengan karunia Allah. Berbuat amal soleh, tawakal dan kebajikan. Yang ketiga umatmu seperti Firaun; terlampau tamak dengan harta dunia serta dihilangkan amal akhirat. Maka akupun bersukacita lalu masuk ke dalam badannya, aku putarkan hatinya ke lautan durhaka dan aku hela ke mana saja mengikuti kehendakku. Jadi dia senantiasa bimbang kepada dunia dan tidak hendak menuntut ilmu, tiada masa beramal ibadat, tidak hendak mengeluarkan zakat, miskin hendak beribadat.
Lalu aku goda agar minta kaya dulu, dan apabila diizinkan Allah dia menjadi kaya, maka dilupakan beramal, tidak berzakat seperti Qarun yang tenggelam dengan istana mahligainya. Bila umatmu terkena penyakit tidak sabar dan tamak, dia senantiasa bimbang akan hartanya dan setengahnya asyik hendak merebut dunia harta, bercakap besar sesama Islam, benci dan menghina kepada yang miskin, membelanjakan hartanya untuk jalan maksiat, tempat judi dan perempuan lacur.”

Pertanyaan Nabi (11):
“Siapa yang serupa dengan engkau?”
Jawab Iblis:
“Orang yang meringankan syariatmu dan membenci orang belajar agama Islam.”

Pertanyaan Nabi (12):
“Siapa yang mencahayakan muka engkau?”
Jawab Iblis:
“Orang yang berdosa, bersumpah bohong, saksi palsu, pemungkir janji.”

Pertanyaan Nabi (13):
“Apakah rahasia engkau kepada umatku?”
Jawab Iblis:
“Jika seorang Islam pergi buang air besar serta tidak membaca doa pelindung syaitan, maka aku gosok-gosokkan najisnya sendiri ke badannya tanpa dia sadari.”

Pertanyaan Nabi (14):
“Jika umatku bersatu dengan isterinya, bagaimana hal engkau?”
Jawab Iblis:
“Jika umatmu hendak bersetubuh dengan isterinya serta membaca doa pelindung syaitan, maka larilah aku dari mereka. Jika tidak, aku akan bersetubuh dahulu dengan isterinya, dan bercampurlah benihku dengan benih isterinya. Jika menjadi anak maka anak itu akan gemar kepada pekerjaan maksiat, malas pada kebaikan, durhaka. Ini semua karena kealpaan ibu bapaknya sendiri. Begitu juga jika mereka makan tanpa membaca Bismillah, aku yang dahulu makan daripadanya. Walaupun mereka makan, tiadalah merasa kenyang.”

Pertanyaan Nabi (15):
“Dengan jalan apa dapat menolak tipu daya engkau?”
Jawab Iblis:
“Jika dia berbuat dosa, maka dia kembali bertaubat kepada Allah, menangis menyesal akan perbuatannya. Apabila marah segeralah mengambil air wudhu’, maka padamlah marahnya.”

Pertanyaan Nabi (16):
“Siapakah orang yang paling engkau lebih sukai?”
Jawab Iblis:
Lelaki dan perempuan yang tidak mencukur atau mencabut bulu ketiak atau bulu ari-ari (bulu kemaluan) selama 40 hari. Di situlah aku mengecilkan diri, bersarang, bergantung, berbuai seperti pijat pada bulu itu.”

Pertanyaan Nabi (17):
“Hai Iblis! Siapakah saudara engkau?”
Jawab Iblis:
“Orang yang tidur meniarap / telungkup, orang yang matanya terbuka (mendusin) di waktu subuh tetapi menyambung tidur lagi. Lalu aku lenakan dia hingga terbit fajar. Demikian jua pada waktu zuhur, asar, maghrib dan isya’, aku beratkan hatinya untuk sholat.”

Pertanyaan Nabi (18):
“Apakah jalan yang membinasakan diri engkau?”
Jawab Iblis:
“Orang yang banyak menyebut nama Allah, bersedekah dengan tidak diketahui orang, banyak bertaubat, banyak tadarus Al-Quran dan sholat tengah malam.”

Pertanyaan Nabi (19):
“Hai Iblis! Apakah yang memecahkan mata engkau?”
Jawab Iblis:
“Orang yang duduk di dalam masjid serta beriktikaf di dalamnya”

Pertanyaan Nabi (20):
“Apa lagi yang memecahkan mata engkau?”
Jawab Iblis:
“Orang yang taat kepada kedua ibu bapanya, mendengar kata mereka, membantu makan pakaian mereka selama mereka hidup, karena engkau telah bersabda, ‘Syurga itu di bawah tapak kaki ibu’”


About the Author
Author

Yanurmal

Comments (82)
  • Avatar

    iwan May 9 2008 - 11:45 pm Reply

    SUBHANALLAH

  • Avatar

    nelly Jul 4 2008 - 4:09 pm Reply

    SUBHANALLAH,sungguh mulia nabiku itu.Beliau terus berusaha membwa umat-NYA dan menjaga umat-NYA agar tetap berada di jalan ALLAH SWT.Tapi,mengapa manusia di zaman sekarang ini sudah sangat jauh meninggalkan ALLAH Mereka yang terlalu sibuk dengan dunianya tanpa berfikir apa yang terjadi kelak di akherat nanti.Bencana dimamna – mana tapi belum juga menyadarkan hati dan fikiran kebanyakan orang.Terutama remaja yang menurut saya semakin bebas saja tingkah laku mereka.Malahan dunia ini juga sudah serba terbalik.Hubungan tanpa status nikah terus meraja rela,semakin senang meneguk minuman haram,otak dan fikiran mereka sudah ter pengaruhi oleh syaitan.Tapi,saya berharap mereka akan segera sadar dan kembali keda jalan yang di ridhoi oleh ALLAH SWT

  • Avatar

    deny 04 Feb 13 2009 - 1:32 pm Reply

    top abis pak iyan artikel antum.. posting lagi dong yang laen. Jadi ada pencerahan.

  • Avatar

    wbsutanto Feb 17 2009 - 5:29 pm Reply

    Tanks…very good article…please sent anymore…

  • Avatar

    EKO Feb 20 2009 - 1:53 pm Reply

    KEREN ABIEEEEEEEEEEEEEEEEEZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Avatar

    anik adzkiya Feb 23 2009 - 9:53 pm Reply

    subhanallah artikelnya bisa buat renungan buat antum semua

  • Avatar

    Syahrul Mar 12 2009 - 1:25 pm Reply

    Allahuakbar, yang menguasai langit, bumi dan seluruh isinya, sayang pada ummat muhammad begitu besar, namun masih banyak yang belum mengetahuinya….

  • Avatar

    okho Mar 12 2009 - 4:00 pm Reply

    ternyata memang setan sudah ada di saya. doakan biar saya bisa bikin dia pergi jauh2

    btw makasih infonya pak ian.

  • Avatar

    eka Mar 25 2009 - 2:42 pm Reply

    allahuakbar,Subhanaallah begitu besar kuasamu ya allah…….. sehingga engkau ciptakan setan,iblis dan sejenisnya untuk masuk kdlm diri ini…… smoga smakin banyak orag yang sadar ats kesalahan yg mereka perbuat ( @m!en )

  • Avatar

    iLa Mar 25 2009 - 3:03 pm Reply

    subhanallah….
    allah maha besar segala puji bagi allah….
    engkau tlah tunjukan yang baik dan yang buruk,tlah kau perlihatkan dan pertunjukan segala sesuatu di dunia nie…
    maka bersyukurlah bagi mereka yang tlah bertaubat kembali kejalan allah…

  • Avatar

    eka Mar 25 2009 - 3:17 pm Reply

    subhanallah….
    allah maha besar segala puji bagi allah….
    engkau tlah tunjukan yang baik dan yang buruk,tlah kau perlihatkan dan pertunjukan segala sesuatu di dunia nie…
    maka bersyukurlah bagi mereka yang tlah bertaubat kembali kejalan allah…

  • Avatar

    uyu kabayan bekok Apr 9 2009 - 3:41 pm Reply

    jika ummat embaca artikel ini maka dia akan sadar akan segala dosa yg telah diperbuatnya, ternyata apa yg tlh diperbuatnya adalah hal yang disukai oleh iblis

  • Avatar

    ubaid May 4 2009 - 8:04 pm Reply

    hanya karena sifat sombong iblis yang memimpin para malaikat bisa menjadi mahluk paling hina, apalagi jika kita yang punya sifat sombong……..wduh jadi mahluk kyk apa kita? Belajarlah dari kesalahan iblis !!!

  • Avatar

    Hamdi Aug 29 2009 - 2:26 pm Reply

    Pelajaran yang kayak gini yang kita butuhkan….. karena bagaimana iblis terhadap islam itu sendiri belum diketahui oleh banyak kaum muslimin….

    ALHAMDULILLAH PELAJARAN INI TELAH TERSEDIA..
    sebenarnya saya lebih ingin mengetahui tentang siapa iblis itu sebenarnya…….

    Terima Kasih atas infonya ini..

  • Avatar

    Rizzo Oct 20 2009 - 3:22 pm Reply

    Sama sekali gak percaya sama kisah ini. Ini hadits dari mana. Pokoknya gak percaya karena secara akal gw, gak bisa diterima dan tidak masuk akal. Kalau menggunakan hati pun tidak masuk hati. Maha Besar Allah. Maha Suci Allah. Rasulullah sangat Suci dan tidak mungkin berdialog seperti ini.

    Mohon, walaupun ini (menurut) pengisah cerita ini dari Hadits, maka jangan langsung percaya. Niscaya banyak hadits yg walaupun dari Bukhari Muslim belum tentu shahih 100%. Begitu beliau nyatakan didalam pembukaan bukunya ynag sangat berjilid2 tersebut. Diapun masih ragu atas keshahihan hadits2nya. Artinya, menurut beliau shahih bersyarat.

    Pokoknya gak masuk di akal gw sebagai manusia. Udah gitu judulnya seenaknya aja Iblis ditulis duluan dan ditulis vs Rasulullah. Emangnya Rasulullah disuruh memerangi Iblis? Tidak sama sekali. Rasulullah bukan tentara Allah utk memerangi Iblis, melainkan untuk mengingatkan manusia.

    • Avatar

      Yanurmal Oct 20 2009 - 4:35 pm Reply

      Hallo Rizzo,

      Pertama saya tanggapi masalah tidak percaya. Siapa saja silakan tidak percaya sama hadits ini, bahkan sama Islam sendiri kalau mau silakan tidak percaya.

      Namun kita harus arif/bijak bahwa banyak hal yang tidak mampu kita cerna dengan ilmu yang kita miliki sehingga terlihat tidak masuk akal. Untuk itu kita “diwajibkan” menuntut ilmu (agama) agar kita tidak tersesat atau salah dalam memahami sesuatu. Sehingga tidak akan muncul kata “pokoknya tidak percaya” yang tidak beralasan/tidak berilmu.

      Kalau sekiranya menurut anda cerita ini tidak benar, silakan “sanggah” dengan ilmu dan alasan yang benar pula.

      Kisah ini diriwayatkan Muadz bin Jabal dari Ibn Abbas.

      Soal judul dengan kata “vs”, kami terjemahkan dengan dialog antara Rasulullah SAW dengan Iblis dan ini tidak “seenaknya” karena secara umum bahasa ini bisa dimengerti dengan baik secara umum saat ini.

    • Avatar

      eL-Razta Jan 18 2011 - 1:17 pm Reply

      terus yang Lu percaya,kaya apa?kasih tau!,..
      biar org tau!gimana versi lu…
      ataw lu sbnrnya bukan muslim nih!ia kan???
      Nyaru lu yah………

    • Avatar

      agus riyanto Feb 6 2011 - 8:03 am Reply

      Assalamualaikum wr wb.
      Antum bego dan tolol banget kalau tidak percaya dengan pernyataan hadits nabi diatas. Antum benar-benar [remove] dan lebih [remove] dibandingkan [remove] kalau tidak percaya dengan apa yang telah dipaparkan oleh nabi diatas. mangkanya belajar…… Pelajari Alquran dan mintalah nasehat dari para orang-orang alim. jangan dugem melulu dipikirin.
      Apapun yang dinyatakan Nabi terhadap umatnya adalah kebenaran yang nyata. jadi ente belajar dululah. kalau ente terus begini ente sama dengan orang kafir. wassalam.

  • Avatar

    Just Looking Around Nov 17 2009 - 4:29 am Reply

    @Rizzo

    jalan pikiran lu pendek bro . berarti lu gak baca sepenuh nya . sebagai umat muslim jelas” isi nya membuat sadar, gue aja yang tadi nya gak tau jadi tau . kalau misalnya ini gak tertulis di hadis-pun, sebagai ISLAM setelah tau / membaca ini hati gue jadi gentar kok .

  • Avatar

    utusan keadilan Nov 18 2009 - 10:19 am Reply

    inilah indonesia.. org mw b’pndapat aph, bebas donk..
    rizzo, saya sepaham dgn.mu. kalau hadits dhaif, sudah jelas-jelas itu menyesatkan. kalau ayat al-qur’an, barulah tidak bisa dipungkiri lagi kebenarannya.

    pada masa kepemimpinan bani umayah, banyak hadits2 yang dipalsukan.

    salam.

  • Avatar

    MazJohnn Kouple Nov 25 2009 - 11:42 pm Reply

    Masyaallah… Orang tinggal mbaca cerita bagus kayak gini aja ribut, protest segala… Kalo nggak diceritain, juga ribut..

    Lha, ya mending terima ajah.. Khan nambah pengetahuan… Kalo nggak mau, yah lewatin ajah…
    Gitu ajah kok reprooot.

    Rizzo, rizzoo… Mukalu kayak rinso..

  • Avatar

    Muahamad Safrudin Dec 24 2009 - 3:11 pm Reply

    Allahhuakbar,Subhanallah sungguh aku sangat bersyukur padamu ya Allah Dzat yang maha segalanya karena engkau telah mengirimkan seorang (Muhammad) yang menjadi pelita dunia ini beserta isinya. Hamba sangat bersyukur karena telah menjadi umatnya dan hambamu, semoga aku menjadi hamba yang mulia di sisimu ya Allah Dzat yang maha segalanya tiada Tuhan selain Engkau yaaa Allah.

  • Avatar

    kelevra Feb 19 2010 - 8:00 pm Reply

    keren……………………….!!!!!!!!!!!!

  • Avatar

    luthfy Feb 28 2010 - 3:30 pm Reply

    wow….subhanallah. this is amazing, alhamdulillah.
    syukron ya akhiy

  • Avatar

    nada azkia fitria Mar 26 2010 - 1:36 pm Reply

    subhanallah ternya iblis jujur ya!

  • Avatar

    Farale Apr 23 2010 - 11:25 pm Reply

    thanks ya bang Yanurmal…postnya bagus

    btw…buat “Rizzo” sama “Utusan keadilan”
    ckckck….jangan bikin malu dunk kk

  • Avatar

    jupriansyah Apr 24 2010 - 1:29 am Reply

    maaf ya yanurmal….
    saat in saya berusia 20 tahun baru aku mengetahui cerita in !!
    oya aku setujuh dengan justlooking around,,,n utusan keadilan…..
    itu cerita tercantum enngak di al quran,,, kalau pun ada surat ap dan ayat berapa……… ?? kalau pun ada aku kn percaya cerita in,, tp klo gak ad itu bs di sebut cerita,, atau pun dongeng…semasa

    • Avatar

      Yanurmal Apr 24 2010 - 2:19 am Reply

      Seperti saya sebutkan diatas, ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh Muadz bin Jabal dari Ibn Abbas. Fyi, gak bakal ada cerita ini dalam al quran ataupun kisah lain yang redaksinya dan cara penyampainnya seperti ini.

      Seperti saya katakan diatas, siapa saja bebas mau percaya atau tidak. Mau anda anggap dongeng atau apalah, itu terserah anda.

      Saya sarankan, banyaklah membaca dan belajar ilmu agama. Jauhi sikap “pokonya tidak percaya” karena itu akan menutup pintu masuknya ilmu.

  • Avatar

    rere Jun 1 2010 - 7:16 am Reply

    ya aq percaya, cz aq pernah jg denger ceramahnya.
    >>

  • Avatar

    ierham thorieq Jun 15 2010 - 12:00 pm Reply

    alhamdulillah
    thanks ya! syukron katsir.!
    minta izin artikelnya saya share dulu. . .
    wassalam. . .

  • Avatar

    ierham thorieq Jun 15 2010 - 12:03 pm Reply

    alhamdulillah
    aq juga pernah denger tapi ga selengkap ini

    thanks ya! syukron katsir.!
    minta izin artikelnya saya share dulu. . .
    wassalam. . .

  • Avatar

    Rahmawati Jun 20 2010 - 9:19 pm Reply

    ass

    thx ya buat Yanurmal

    sekalipun hadist ini dikatakan benar ato tidaknya…bukan menjadi masalah…..

    yg kita lihat adalah isinya ketika syaitan mencoba menggoda manusia….semuanya nyata bagiku…krn itu semua yg terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari

    untuk saudara ku yg blm percaya semoga dibukakan pintu hatinya ……

    wassalam….

  • Avatar

    ponco...ad Jul 12 2010 - 9:20 pm Reply

    assalammuilaikum wr. wb. sungguh besar kuasamu ya allah…allah hu akhbaar…kau ..tidak engkau citakan jin dan manusia…melainkan hanya,,tuk bersujud kepadamu..kalamulallah ..sungguh maha bhenar….kau tlah sampai kan kitab suci seluruh umat manusia kepada..rosulallah,,muhammad.s..a..w..tuk kembali kejalan yang benar…hanya mnusiayg mendustai agamamulah ia akan sesat… i` love..you…allah..tiada tuhan selain allah…i `love`you..muhammad,s .a..w kau rosuolallah..bahwa egkaulah utusan allah..dan tak luput ku curahkn salawat serta salam kucurah kan kpada mu…kau adalah suri teladan kami yng mengembalikan seluruh umat manusia menujuju …jalan terang mu…dan d`oa kn seluruh umat mu agar..kembali ke jalan yang benar,,,bukan jalan yg murkai…

  • Avatar

    wahyu Jul 23 2010 - 7:01 pm Reply

    Iam really love Prophet Muhammad and alhamduillah i am muslim and when i was born,Prophet Muhammad is Al Amin ( Trustworthy )He is a messanger of Allah and he taught us only worship one god is Allah. He is prophet for the world not other prophet for one nation like Prophet Musa, Yahya, Zakariya, Isa ( Jesus ). Peace be upon him.ALLAHU AKBAR.

  • Avatar

    wahyudi Jul 29 2010 - 4:29 pm Reply

    syetan la’atullah….semoga kita terhindar dari godaannya

  • Avatar

    febri Jul 31 2010 - 11:48 am Reply

    alhamdullilah saya jadi tau apa yang harus saya lakukan

  • Avatar

    taufieq Aug 3 2010 - 3:45 pm Reply

    kisah ini pernah saya baca di sebuah buku (tapi saya lupa judul bukunya, kalau ga salah Ihya Ulumuddin).
    jadi bagi yang tidak percaya….itu HAK ANDA.

  • Avatar

    leni Aug 10 2010 - 10:04 am Reply

    subhanaullah,,,
    ue jd tau pa yg msti ue lakuin skrng….

  • Avatar

    Galang Aug 14 2010 - 1:43 pm Reply

    allah akbar baru tau aq
    subekhanaullah

  • Avatar

    Ibnu Jafar Aug 21 2010 - 8:44 pm Reply

    Aslm, Walupn mngkin Dhaif tp minimal bisa membuka hati n pikirn kita bahwa Iblis tdk akan berhnti menggoda sbelum kiamat tiba. Mksh ceritanya, Walau sy msh kurang yakin ke shahihannya. Smg di cerita yg lain bisa diikutkn dengan hadist yg shahih. Wslm..

  • Avatar

    izzzzzzz Aug 27 2010 - 1:33 pm Reply

    subhanallah . . . . . .

  • Avatar

    ummu nisa Sep 2 2010 - 8:48 am Reply

    Astagfirulohaladzim, audzubilahiminasaitonirozim
    Subhanallohwalhamdulilahwalaillahailloh Alohuakbar
    Lahaolawalaquwataillabilahiladzim
    Terimakasih untuk artikelnya,mudah2an saya dapat mengaambil ibroh & hikmahnya

  • Avatar

    robby Sep 18 2010 - 3:46 am Reply

    subahanallah……..merujuk ke pertanyaan 11 tadi rasul allah bertanya kepada iblis(siapa yang serupa dengan engkau???????)

    jawabanya mungkin sudah nyata……lihat berita ttg pastor terry jones yang berniat membakar al-quran dan me-halang”i orang belajar ttg islam& mengatakan islam adl agama syaitan…….

    kita juga harus introspeksi diri melihat begitu banyak hal” yg qt lakukan tanpa merujuk quran & hadis (q pun telah banyak berdosa)……astagfirullah

  • Avatar

    abi Sep 20 2010 - 4:48 pm Reply

    assalamualaikum …coba baca yang ini kurang lebihnya sama…silahkan baca
    IQRO ….. BACA…LAH
    PERCAKAPAN RASULULLAH DENGAN IBLIS
    “CARA IBLIS MENDAMPINGI HIDUP MANUSIA”
    Segala puji hanya milik Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam sejahtera semoga senantiasa dilimpahkan kepadaseorang Nabi yang Ummi, Muhammad saw., dan kepada keluarganya yang bersih serta seluruh sahabatnya yang mulia. Diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal r.a., dari IbnuAbbas r.a. yang berkisah: Kami bersama Rasulullah saw. di rumah salah seorang sahabat Anshar, dimana saat itu kami di tengah-tengah jamaah. Lalu ada suara orang memanggil dari luar, “Wahai para penghuni rumah, apakah kalian mengizinkanku masuk, sementara kalian butuh kepadaku.”Rasulullah bertanya kepada para jamaah, “Apakah kalian tahu, siapa yang memanggil dari luar itu? “Mereka menjawab, “Tentu Allah dan Rasul Nya lebih tahu. “Lalu Rasulullah saw.menjelaskan, “Ini adalah iblis yang terkutuk semoga Allah senantiasa melaknatnya. “Kemudian Umar r.a. meminta izin kepada Rasulullah sembari berkata,”Ya Rasulullah, apakah engkau mengizinkanku untuk membunuhnya? “Beliau menjawab,”Bersabarlah wahai Umar, apakah engkau tidak tahu bahwa ia termasuk makhluk yang tertunda kematiannya sampai batas waktu yang telah diketahui (hari Kiamat)? Akantetapi sekarang silakan kalian membukakan pintu untuknya. Sebab ia diperintah untuk datang ke sini, maka pahamilah apa yang ia ucapkan dan dengarkan apa yang bakal ia ceritakan kepada kalian.”Ibnu Abbas berkata: Kemudian dibukakan pintu,lalu ia masuk di tengah-tengah kami. Ternyata ia berupa orang yang sudah tuabangka dan buta sebelah mata. Ia berjenggot sebanyak tujuh helai rambut yang panjangnya seperti rambut kuda. Kedua kelopak matanya terbelah ke atas (tidak kesamping). Sedangkan kepalanya seperti kepala gajah yang sangat besar, gigi taringnya memanjang keluar seperti taring babi. Sementara kedua bibirnya seperti bibir kerbau. Ia datang sambil memberi salam. ‘Assalamu’alaika ya Muhammad, Assalamu’alaikum ya Jamaa’atal muslimin,” kata iblis. Nabi menjawab, “Assalamulillah ya la’iin (Keselamatan hanya milik AlIah wahai makhluk yang terkutuk). Saya mendengar engkau punya keperluan kepada kami. Apa keperluanmu tersebut wahai Iblis? “Wahai Muhammad, saya datang ke sini bukan karena kemauanku sendiri, tapi saya datang ke sini karena terpaksa,” tutur iblis. “Apa yang membuatmu terpaksa harus datang ke sini wahai makhluk terkutuk?” tanya Rasulullah. Iblis menjawab, “Telah datang kepadaku seorang malaikat yang diutus oleh Tuhan Yang Mahaagung, dimana utusan itu berkata kepadaku, ‘Sesungguhnya Allah swt. memerintahmu untuk datang kepada Muhammad saw. sementara engkau adalah makhluk yang rendah dan hina. Engkau harus memberi tahu kepadanya, bagaimana engkau menggoda dan merekayasa anak-cucu Adam, bagaimana engkau membujuk dan merayu mereka. Lalu engkau harus menjawab segala apa yang ditanyakan Muhammad dengan jujur. Maka demi Kebesaran dan Keagungan Allah, jika engkau menjawabnya dengan bohong, sekalipun hanya sekali, sungguh engkau akan Allah jadikan debu yang bakal dihempaskan oleh angin kencang, dan musuh-musuhmu akan merasa senang.’ Wahai Muhammad, maka sekarang saya datang kepadamu sebagaimana yang diperintahkan kepadaku. Maka tanyakan apa saja yang engkau inginkan. Kalau sampai saya tidak menjawabnya dengan jujur, maka musuh-musuhku akan merasa senang atas musibah yang bakal saya terima. Sementara tidak ada beban yang lebih berat bagiku daripada bersenangnya musuh-musuhku atas musibah yang menimpa diriku. “Rasulullah mulai melemparkan pertanyaan kepada iblis, “Jikaengkau bisa menjawab dengan jujur, maka coba ceritakan kepadaku, siapa orang yang paling engkau benci? “Iblis menjawab dengan jujur, “Engkau, wahai Muhammad,adalah orang yang paling aku benci dan kemudian orang-orang yang mengikuti agamamu. “”Lalu siapa lagi yang paling engkau benci?” tanya Rasulullah.”Seorang pemuda yang bertakwa dimana ia mencurahkan dirinva hanya kepada Allah swt.,”jawab Iblis. “Siapa lagi?” tanya Rasulullah “Orang alim yang wara’ (menjaga diridari syubhat) lagi sabar,” jawab iblis. “Siapa lagi?” tanya Rasulullah “Orang yang senantiasa melanggengkan kesucian dari tiga kotoran (hadats besar, kecil dan najis; pent.),” tutur iblis “Siapa lagi?” tanya Rasulullah “Orang fakir yang senantiasa bersabar, yang tidak pernah menuturkan kefakirannya ke pada siapa pun dan juga tidak pernah mengeluh penderitaan yang dialaminya.” jawab iblis. “Lalu dari mana engkau tahu kalau ia bersabar?” tanya Rasulullah.
    “Wahai Muhammad, bilaia masih dan pernah mengeluhkan penderitaannya kepada makhluk yang sama dengannya selama tiga hari, maka Allah tidak akan mencatat perbuatannya dalam kelompok orang-orang yang bersabar,” jelas Iblis.”Lalu siapa lagi, wahai lblis?”tanya Rasul. “Orang kaya yang bersyukur,” tutur iblis. “Lalu apa yang bisa memberitahu kepadamu bahwa ia bersyukur?” tanya Rasulullah “Bila saya melihatnya ia mengambil kekayaannya dari apa saja yang dihalalkan dan kemudian disalurkan pada tempatnya,” tutur iblis.”Bagaimana kondisimu apabila ummatku menjalankan shalat?” tanya Rasulullah. “Wahai Muhammad, saya langsung merasa gelisah dan gemetar,” jawab iblis. “Mengapa wahai makhluk yang terkutuk?” tanya Rasulullah. “Sesungguhnya apabila seorang hamba bersujud kepada Allah sekali sujud, maka Allah akan mengangkat satu derajat (tingkat). Apabila mereka berpuasa, maka saya terikat sampai mereka berbuka kembali. Apabila mereka menunaikan manasik haji, maka saya jadi gila. Apabila membaca al-Qur’an, maka saya akan meleleh (mencair) seperti timah yang dipanaskan dengan api. Apabila bersedekah maka seakan-akan orang yang bersedekah tersebut mengambil kapak lalu memotong saya menjadi dua,” jawab iblis. “Mengapa demikian wahai Abu Murrah (julukan iblis)?” tanya Rasulullah.”Sebab dalam sedekah ada empat perkara yang perlu diperhatikan: Dengan sedekah itu, Allah akan menurunkan keberkahan dalam hartanya, menjadikan ia disenangi di kalangan makhluk Nya, dengan sedekah itupula Allah akan menjadikan suatu penghalang antara neraka dengannya dan akan menghindarkan segala bencana dan penyakit,” tutur iblis menjelaskan.”Lalubagaimana pendapatnu tentang Abu Bakar?” tanya Rasulullah.”Ia sewaktu jahillyyahsaja tidak pernah taat kepadaku, apalagi sewaktu dalam Islam,” tuturiblis.”Bagaimana dengan Umar bin Khaththab?” tanya Rasulullah. “Demi Allah,setiap kali saya bertemu dengannya, mesti akan lari darinya,” jawab iblis.”Bagaimana dengan Utsman?” tanya Rasulullah. “Saya merasa malu terhadap orang yang para malaikat saja malu kepadanya,” jawab iblis. “lalu bagaimana dengan Ali bin Abi Thalib?” tanya Rasulullah. Andaikan saya bisa selamat darinyadan tidak pernah
    bertemu dengannya, ia meninggalkanku dan saya punmeninggalkannya. Akan tetapi ia tidak pernah melakukan hal itu sama sekali,”tutur iblis.”Segala puji bagi Allah Yang telah menjadikan ummatku bahagia dan mencelakakanmu sampai pada waktu yang ditentukan,” tutur Rasulullah. “Tidak dan tidak mungkin, dimana ummatmu bisa bahagia sementara saya senantiasa hidup dan tidak akan mati sampai pada waktu yang telah ditentukan. Lalu bagaimana engkau bisa bahagia terhadap ummatmu, sementara saya bisa masuk kepada mereka melalui aliran darah dan daging, sedangkan mereka tidak bisa melihatku. Demi Tuhan Yang telah menciptakanku dan telah menunda kematianku sampai pada hari mereka dibangkitkan kembali (Kiamat), sungguh saya akan menyesatkan mereka seluruhnya, baik yang bodoh maupun yang alim, yang awam maupun yang bisa membaca al Qur’an, yang nakal maupun yang rajin beribadah, kecuali hamba-hamba Allah yang mukhlas (sangat-sangat ikhlas),” tutur iblis. “Siapa menurut engkau hamba-hamba Allahyang mukhlas itu?” tanya Rasulullah.Iblis menjawab dengan panjang lebar, “Apakahengkau tidak tahu wahai Muhammad, bahwa orang yang masih suka dirham dan dinar(harta) adalah belum bisa murni karena Allah swt. Apabila saya melihat seseorangsudah tidak menyukai dirham dan dinar, serta tidak suka dipuji, maka saya tahubahwa ia adalah orang yang mukhlis karena Allah, lalu saya tinggalkan.Sesungguhnya seorang hamba selagi masih suka harta dan pujian, sedangkan hatinyaselalu bergantung pada kesenangan-kesenangan duniawi, maka ia akan lebih taat kepadaku daripada orang-orang yang telah saya jelaskan kepadamu. Apakah engkautidak tahu wahai Muhammad, bahwa cinta harta itu termasuk dosa yang palingbesar? Apakah engkau tidak tahu wahai Muhammad, bahwa cinta kedudukan adalahtermasuk dosa yang paling besar? Apakah engkau tidak tahu, saya memilikitujuhpuluh ribu anak, sedangkan setiap anak dari jumlah tersebut memilikitujuhpuluh ribu setan. Di antara mereka ada yang sudah saya tugaskan untukmenggoda ulama, ada yang saya tugaskan untuk menggoda para pemuda, ada yang sayatugaskan menggoda orang-orang yang sudah tua. Anak-anak muda bagi kami tidak adamasalah, sedangkan anak-anak kecil lebih mudah kami permainkan sekehendak saya.Di antara mereka juga ada yang saya tugaskan untuk menggoda orang-orang yangtekun beribadah, dan ada juga yang saya tugaskan untuk menggoda orang-orangzuhud. Mereka keluar masuk dari kondisi ke kondisi lain, dari satu pintu kepintu lain, sehingga mereka berhasil dengan menggunakan cara apa pun. Saya ambildari mereka nilai keikhlasan dalam hatinya, sehingga mereka beribadah kepadaAllah dengan tidak ikhlas, sementara mereka tidak merasakan hal itu. Apakahengkau tidak tahu wahai Muhammad, bahwa Barshish seorang rahib (pendeta) yangberbuat ikhlas karena Allah selama tujuhpuluh tahun, sehingga dengan doanya iasanggup menyelamatkan orang-orang yang sakit. Akan tetapi saya tidak berhentimenggodanya sehingga ia sempat berbuat zina dengan seorang perempuan, membunuhorang dan mati dalam kondisi kafir? Inilah yang disebutkan oleh Allah dalamKitab Nya dengan firman-Nya:”(Bujukan orang-orang munafik itu adalah) seperti(bujukan) setan ketika dia berkata kepada manusia: Kafirlah kamu maka tatkalamanusia itu telah kafir ia berkata, ‘Sesungguhnya aku cuci tangan darimu, karenasesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan semesta alam.” (Q.s. al Hasyr:16).Apakah engkau tidak tahu wahai Muhammad, bahwa kebohongan itu dari saya,saya adalah orang yang berbohong pertama kali. Orang yang berbohong adalahtemanku. Barangsiapa bersumpah atas Nama Allah dengan berbohong maka ia adalahkekasihku. Apakah engkau tidak tahu wahai Muhammad, bahwa saya pernah bersumpahkepada Adam dan Hawa dengan atas Nama Allah, ‘Bahwa saya akan memberi nasihatkepada kalian berdua.’ Maka sumpah bohong itu menyenangkan hatiku. Sedangkanmenggunjing dan mengadu domba adalah buah santapan dan kesukaanku. Kesaksiandusta adalah penyejuk mataku dan kesenanganku.
    Barangsiapa bersumpah denganmenceraikan istrinya (talak) maka hampir tidak akan bisa selamat, sekalipunhanya sekali. Andaikan itu benar, yang karenanya orang membiasakan lidahnyamengucapkan kata-kata tersebut, istrinya akan menjadi haram. Kemudian daripasangan tersebut menghasilkan keturunan sampai hari Kiamat nanti yang semuanyahasil dari anak-anak zina. Sehingga seluruhnya masuk neraka hanya gara-gara satuucapan. Wahai Muhammad, sesungguhnya diantara ummatmu ada orang yang menundanunda shalatnya dari waktu ke waktu. Ketika ia hendak menjalankan shalat makasaya selalu berada padanya dan mengganggu sembari berkata kepadanya, ‘Masih adawaktu, teruskan engkau sibuk dengan urusan dan pekerjaan yang engkau lakukan.’Sehingga ia menunda shalatnya, dan kemudian shalat di luar waktunya. Akibatnyadengan shalat yang dikerjakan di luar waktunya itu ia akan dipukul di kepalanya.Kalau saya merasa kalah, maka saya mengirim kepadanya salah seorang dari setansetan manusia yang akan menyibukkan waktunya. Kalau dengan usaha itu saya masihkalah, maka saya tinggalkan sampai ia menjalankan shalat. Ketika dalam shalatnyasaya berkata kepadanya, ‘Lihatlah ke kanan dan ke kiri.’ Akhirnya ia melihat.Maka pada saat itu wajahnya saya usap dengan tangan saya, kemudian sayamenghadap di depan matanya sembari berkata, ‘Engkau telah melakukan apa yangtidak akan menjadi baik selamanya.’Wahai Muhammad, engkau tahu, bahwa orang yangbanyak menoleh dalam shalatnya, Allah akan memukul kepalanya dengan shalattersebut. Kalau dalam shalat ia sanggup mengalahkan saya, sementara ia shalatsendirian, maka saya perintah untuk tergesa-gesa. Maka ia mengerjakan shalatseperti ayam yang mencocok benih-benih untuk dimakan dan segera meninggalkannya.Kalau ia sanggup mengalahkan saya, dan shalat berjamaah, maka saya kalungkanrantai di lehernya. Ketika ia sedang ruku’ saya tarik kepalanya ke atas sebelumimam bangun dari ruku’ dan saya turunkan sebelum imam turun. Wahai Muhammad,engkau tahu, bahwa orang yang melakukan shalat seperti itu, maka batalshalatnya, dan di hari Kiamat nanti Allah akan menyalin kepalanya dengan kepalakeledai. Kalau dengan cara tersebut saya masih kalah, maka saya perintahkanmeremas-remas jari-jemarinya sehingga bersuara, sedangkan ia sedang shalat,karenanya ia termasuk orang-orang yang bertasbih kepadaku padahal ia sedangshalat. Kalau dengan cara tersebut masih juga tidak mempan, maka saya tiuphidungnya sehingga ia menguap, sementara ia sedang shalat. Kalau ia tidakmenutupi mulutnya dengan tangannya maka setan masuk ke dalam perutnya, sehinggaia semakin rakus dengan dunia dan berbagai perangkapnya. Ia akan selalumendengar dan taat kepadaku.Bagaimana ummatmu bisa bahagia wahai Muhammad,sementara saya memerintah orang-orang miskin untuk meninggalkan shalat, dan sayaberkata kepadanya, ‘Shalat bukanlah kewajiban kalian, shalat hanya kewajibanorang-orang yang diberi nikmat oleh Allah.’ Saya pun berkata kepada orang yangsakit, ‘Tinggalkan shalat, karena shalat bukanlah kewajibanmu. Shalat hanyalahkewajiban orang-orang yang diberi nikmat kesehatan. Sebab Allah sudah berfirman,, “… dan tidak apa apa bagi seorang yang sedang sakit …,“(Q.s. an Nur: 61).Kalau engkau sudah sembuh baru melakukan shalat.’ Akhirnya ia mati dalam kondisikafir. Apabila ia mati dengan meninggalkan shalat ketika sedang sakit, maka iaakan bertemu Allah dengan dimurkai.Wahai Muhammad, jika saya
    menyimpang danberdusta kepadamu, maka hendaknya engkau memohon kepada Allah agar sayadijadikan debu yang lembut. Wahai Muhammad, apakah engkau masih juga merasagembira terhadap ummatmu, sementara saya bisa memurtadkan seperenam dari ummatmuuntuk keluar dari Islam?”Kemudian Rasulullah meneruskan pertanyaannya, “Wahaimakhluk yang terkutuk, siapa teman dudukmu?”"Orang-orang yang suka makan riba,”jawab iblis.”Lalu siapa teman dekatmu?” tanya Rasululah kembali.”Orang yangberzina,” jawabnya. “Siapa teman tidurmu?” tanya Rasulullah.”Orang yang mabuk,”jawabnya.”Siapa tamumu?” tanya Rasulullah.”Pencuri,” jawabnya. “Siapa utusanmu?”tanya Rasulullah.”Tukang sihir,” jawabnya.’Apa yang menyenangkan pandanganmatamu?” tanya Rasulullah.”Orang yang bersumpah dengan talak,” jawabiblis.”Siapa kekasihmu?” tanya Rasulullah.”Orang yang meninggalkan shalatJum’at,” jawabnya.”Wahai makhluk yang terkutuk, apa yang mengakibatkanpunggungmu patah?” Tanya Rasulullah.”Suara ringkik kuda untuk berperang membelaagama Allah,” jawabnya.“Apa yang menjadikan tubuhmu meleleh?” tanyaRasulullah.”Tobatnya orang yang bertobat” jawabnya.“Apa yang membuat hatimupanas?” tanya Rasulullah.”Banyaknya istighfar kepada Allah, baik di malam atausiang hari,” jawabnya.“Apa yang membuatmu merasa malu dan hina?” tanyaRasulullah.”Sedekah secara rahasia,” jawabnya”Apa yang menjadikan matamu buta?”tanya Rasulullah.”Shalat di waktu sahur,” jawabnya.“Apa yang dapat mengendalikankepalamu?” tanya Rasulullah.”Memperbanyak shalat berjamaah,” tuturnya.”Siapaorang yang paling bisa membahagiakanmu?” tanya Rasulullah”Orang yang sengajameninggalkan shalat,” tuturnya.”Siapa orang yang paling celaka menurut engkau?”tanya Rasulullah”Orang-orang yang kikir,” jawabnya”Apa yang menyitapekerjaanmu?” tanya Rasulullah.”Majelis orang-orang alim,” jawabnya.”Bagaimanacara engkau makan?” Tanya Rasulullah”Dengan tangan kiriku dan jari-jemariku,”jawabnya”Di mana engkau mencari tempat berteduh untuk anak anakmu di waktupanas?” tanya Rasulullah”Di bawah kuku manusia,” jawab iblis”Berapa kebutuhanyang pernah engkau minta kepada Tuhamnu?” tanya Rasulullah.”Sepuluh macam,”jawabnya”Apa saja itu wahai makhluk terkutuk?” tanya RasulullahIblis punmenjawabnya, “Saya memintaNya agar saya bisa berserikat dengan anak-cucu Adamdalam harta kekayaan dan anak-anak mereka. Akhirnya Tuhan mengizinkankuberserikat dalam kelompok mereka. Itulah maksud firman Allah:”Dan berserikatlahdengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah mereka. Dan tidak adayang dijanjikan oleh setan kepada mereka melainkan tipuan belaka.” (Q.s. alIsra’: 64).Setiap harta yang tidak dikeluarkan zakatnya, maka saya ikutmemakannya. Saya juga ikut makan makanan yang bercampur riba dan haram sertasegala harta yang tidak dimohonkan perlindungan
    kepada Allah dari setan yangterkutuk. Setiap orang yang tidak memohon perlindungan kepada Allah dari setanketika bersetubuh dengan istrinya, maka setan akan ikut bersetubuh. Akhirnyamelahirkan anak yang mendengar dan taat kepadaku. Begitu pula orang yang naikkendaraan dengan maksud mencari penghasilan yang tidak dihalalkan, maka sayaadalah temannya. Itulah maksud firman Allah:“Dan kerahkanlah terhadap merekapasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki.” (Q.s. al Isra’: 64).Sayamemohon kepada Nya agar saya punya rumah, maka rumahku adalah kamar mandi. Sayamemohon agar saya punya masjid, akhirnya pasar menjadi masjidku. Saya memohonagar saya punya al-Qur’an, maka syair adalah al-Qur’anku. Saya memohon agar sayapunya adzan, maka terompet adalah panggilan adzanku. Saya memohon kepadaNya agarsaya punya tempat tidur, maka orang-orang mabuk adalah tempat tidurku. Sayamemohon agar saya memiliki teman-teman yang menolongku, maka kelompok alQadariyyah menjadi teman-teman yang membantuku. Dan saya memohon agar sayamendapatkan teman-teman dekat, maka orang-orang yang menginfakkan hartakekayaannya untuk kemaksiatan adalah teman dekatku. Ia kemudian membaca firmanAllah, “Sesungguhnya pemboros pemboros itu adalah saudara-saudara setan dansetan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (Q.s. al Isra’: 27).”Rasulullahsaw. berkata kepadanya, “Andaikan tidak setiap apa yang engkau ucapkan itudidukung oleh ayat-ayat dari Kitab Allah tentu aku tidak akanmembenarkanmu.”Lalu iblis berkata lagi, “Wahai Muhammad, saya memohon kepadaAllah agar saya bisa melihat anak-cucu Adam, sementara mereka tidak bisamelihatku. Kemudian Allah menjadikan aku bisa mengalir melalui peredaran darahmereka. Diriku bisa berjalan ke mana pun sesuai kemauan diriku dan dengan carabagaimana pun. Kalau saya mau dalam sesaat pun bisa. Kemudian Allah berfirmankepadaku, ‘Engkau bisa melakukan apa saja yang kau minta.’ Akhirnya saya merasasenang dan bangga sampai hari Kiamat. Sesungguhnya orang yang mengikutiku lebihbanyak daripada orang yang mengikutimu. Sebagian besar anak-cucu Adam akanmengikutiku sampai hari Kiamat.Saya memiliki anak yang saya beri nama Atamah. Iaakan kencing di telinga seorang hamba ketika ia tidur meninggalkan shalat Atamah(Isya’). Andalkan tidak karenanya tentu manusia tidak akan tidur lebih dahulusebelum menjalankan shalat. Saya juga punya anak yang saya beri nama Mutaqadhi.Apabila ada seorang hamba melakukan ketaatan (ibadah) dengan rahasia dan inginmenutupinya, maka anak saya tersebut senantiasa membatalkannya dan dipamerkan ditengah-tengah manusia, sehingga semua manusia tahu. Akhirnya Allah membatalkansembilan puluh sembilan dari seratus pahalanya. Sehingga yang tersisa hanya satupahala. Sebab setiap ketaatan yang dilakukan secara rahasia akan diberi seratuspahala. Saya punya anak lagi yang bernama Kuhyal, dimana ia bertugas mengusapicelak mata semua orang yang sedang berada di majelis pengajian dan ketikakhathib sedang berkhuthbah. Sehingga mereka terkantuk dan akhirnya tidur, tidakbisa mendengarkan apa yang dibicarakan para ulama. Mereka yang tertidur tidakakan ditulis pahala sedikit pun untuk selamanya.Setiap kali ada perempuan keluarmesti ada setan yang duduk di pinggulnya, ada pula yang duduk di daging yangmengelilingi kukunya. Dimana mereka akan menghiasi kepada orang-orang yangmelihatnya. Kedua setan itu kemudian berkata kepadanya, ‘Keluarkan tanganmu.’Akhirnya ia mengeluarkan tangannya, kemudian kukunya tampak, lalu kelihatannodanya.Wahai Muhammad, sebenarnya saya tidak bisa menyesatkan sedikit pun. Akantetapi saya hanya akan mengganggu dan menghiasi. Andaikan saya memiliki hak dankemampuan untuk menyesatkan, tentu saya tidak membiarkan segelintir manusia pundi muka bumi ini yang masih sempat mengucapkan dua kalimat syahadat, ‘Tidak adaTuhan selain Allah dan Muhammad adalah Utusan-Nya.’ Tidak akan ada lagi orangyang shalat dan berpuasa. Sebagaimana engkau wahai Muhammad, tidak berhak untukmemberikan hidayah sedikit pun kepada siapa saja. Akan tetapi engkau adalahseorang utusan dan penyampai amanat dari Tuhan. Andaikan engkau memiliki hak dankemampuan untuk memberi hidayah, tentu engkau tidak akan membiarkan segelintirorang kafir pun di muka bumi ini. Engkau hanyalah sebagai argumentasi (hujjah)Tuhan terhadap makhluk-Nya. Sementara saya hanyalah menjadi sebab celakanyaorang yang sebelumnya sudah dicap oleh Allah menjadi orang celaka. Orang yangbahagia dan beruntung adalah orang yang dijadikan bahagia oleh Allah sejak dalamperut ibunya, sedangkan orang yang celaka
    adalah orang yang dijadikan celakaoleh Allah sejak dalam perut ibunya.”Kemudian Rasulullah membacakan firmanAllah:”Jikalau Tuhanmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia ummat Yangsatu, tetapi mereka senantiasa berselisih pendapat.
    Kecuali orang-orang yangdiberi rahmat oleh Tuhanmu.” (Q.s. Hud: 118 9).Kemudian beliau melanjutkandengan firman Allah yang lain:”Dan adalah ketetapan Allah itu suatu ketetapanyang pasti berlaku.” (Q.s. al Ahzab: 38).Lantas Rasulullah saw. berkata lagikepada iblis, “Wahai Abu Murrah (iblis), apakah engkau masih mungkin bertobatdan kembali kepada Allah, sementara saya akan menjaminmu masuk surga.”Iamenjawab, “Wahai Rasulullah, ketentuan telah memutuskan dan Qalam pun telahkering dengan apa yang terjadi seperti ini hingga hari kiamat nanti. MakaMahasuci Tuhan Yang telah menjadikanmu sebagai tuan para Nabi dan khatib parapenduduk surga. Dia telah memilih dan mengkhususkan dirimu. Sementara Dia telahmenjadikan saya sebagai tuan orang-orang celaka dan khatib para penduduk neraka.Saya adalah makhluk yang celaka lagi terusir. Ini adalah akhir dari apa yangsaya beritahukan kepadamu, dan saya mengatakan sejujurnya.”Segala puji bagiAllah Tuhan semesta alam, awal dan akhir, dhahir dan bathin. Dan semoga shalawatdan salam sejahtera tetap diberikan kepada seorang Nabi yang Ummi dan kepadapara keluarga dan sehabatnya serta para Utusan dan para Nabi. —(ooo)—SyeikhMuhyiddin Ibnu ‘Araby

  • Avatar

    Lintar tau wajo Sep 26 2010 - 6:27 am Reply

    Sy kecewa dgn diri sy sndiri…semua larangan Allah swt seakan hal yg lumrah bgi sy..
    Thanks y pak ian..
    Anda dan postingan ada tlah membuat sy sdar!

  • Avatar

    manic Oct 21 2010 - 1:13 pm Reply

    100 pernyataan indah telah menutupi 1 pernyataan salah yang adalah fatal, hati2 iblis terlalu licik untuk dibandingkan hikmat manusia, membuat manusia terbuai oleh kemenangan padahal iblis tersenyum karena dialah yang menang, mungkin salah satu contoh dari dialog diatas ada jawaban seperti ini “Orang yang meringankan syariatmu dan membenci orang belajar agama Islam.” akibat perkataan ini dampaknya dapat kita lihat sampai sekarang dimana banyak yg menganggap orang spt yg dikatakan iblis tsb adalah musuh bersama yg patut diperangi padahal dunia ini terdiri dari banyak ajaran dan situasi, nah berhasilah iblis menciptakan karakter intolerant pada kalian sampai sekarang.

  • Avatar

    Ahmad Nov 3 2010 - 6:27 pm Reply

    Saudara saudara ku; Bila kita mau mengkaji Dari Cerita di atas, marilah kita sekalian Sadari bahwa iblis,setan,jin kafir, itu Smua adalah Sifat,d’dalam ghoibNya, ada pun d’dalam Nyata nya hanya ada bersama dgn berbuatan Manusia yg kafir (yaitu tidak beriman ).Smoga mendapat mamfaat.

  • Avatar

    al ma'mun Dec 14 2010 - 1:45 pm Reply

    maaf saudara semuanya, hadits yang panjang tersebut tidak bersumber dari rasulullah SAW, itu hadits palsu, untuk lebih jelasnya silakan tabayyun (buka) di:kitab mausu’atul fatawa, fatwa nomor: 41989, (islamweb.net) semoga bermanfaat.

  • Avatar

    Dwi pangga Jan 18 2011 - 8:41 pm Reply

    Brbhagialah engkau yg mnjd msh ibls

  • Avatar

    junaidi ahmad Jan 24 2011 - 5:04 pm Reply

    setuju..ana copy…

  • Avatar

    Suluh nugroho Feb 17 2011 - 8:36 am Reply

    Assalaamu’alaikum
    maaf sy mw nanya
    referensinya dari mana z y?

  • Avatar

    prana hermanto Mar 11 2011 - 1:41 pm Reply

    masih terlalu banyak,…
    yg perlu di benahi

  • Avatar

    titan Mar 26 2011 - 9:26 am Reply

    assalammualaikum,
    boleh saya tau artikel ini dipetik dari mana? terima kasih.

  • Avatar

    fajar Sep 22 2011 - 2:53 pm Reply

    wow keren !!!!!!

  • Avatar

    PengemisCinta Oct 9 2011 - 9:53 pm Reply

    Orang yg beragama islam sangat banyak, tapi kalo orang ISLAM itu hanya sedikit, AL-Qur’an itu adalah rangkuman segala kitab yg ada di alam semesta, Dia bisa dibaca dalam 7 level pemahaman yang terdiri dari 3 level derajat akal manusia dan 3 level derajat spiritual serta 1 level tertinggi yaitu bahasa Fikiran Bathin (bahasa rasa / tiada kata), Dia di rakit dalam bahasa quraisy dan bahasa arab hanya sebagai bahasa pengantar, ikutlah AL-Qur’an, Insya Allah kita menjadi orang ISLAM, dan orang ISLAM itu adalah muslim/nasrani/yahudi/kaum sabi’in yang benar-benar ber-iman kepada ALLAH (cari di surat al-baqarah), ISLAM itu penuh cinta dan kasih sayang (tiada pernah berprasangka buruk, tiada menghujat, tiada menghina), mari berdiskusi untuk mencari pencerahan dan hindari berselisih paham, bijaklah jika menjawab, jawablah dengan cinta kasih, jangan dengan nafsu dan cela’an, semoga semua ini dapat bermanfa’at bagi kita semua.

  • Avatar

    PengemisCinta Oct 11 2011 - 10:08 am Reply

    Allah sudah berfirman untuk menciptakan Adam sebagai khalifah di bumi, mau tidak mau atau suka tidak suka Adam harus turun ke bumi, masalah iblis menghasut itu hanyalah sebuah sandiwara Allah, bukalah pintu hati untuk menerima kenyataan, semoga membawa berkah di masa yang akan datang.

  • Avatar

    kang anton Oct 15 2011 - 10:23 pm Reply

    coba pikirkan pertanyaan ini
    1.iblis asalnya ketua dari para malaikat,nah berarti dia malaikat juga asalnya?bukankah iblis itu golongan jin yg membangkang?
    2.iblis dan bala tentaranya di ikat ketika bulan puasa,artinya manusia terbebas dari godaan atau tidak ada godaan dong?tapi kenapa dibulan puasa kejahatan,perjinahan,kemaksiatan mash tetap muncul? Apa ada yg salah dari kisah diatas,? Atau memang benar kisah tsb palsu?yu qt mikir..

    • Avatar

      Yanurmal Oct 15 2011 - 11:13 pm Reply

      @kang anton, bukankah sederhana saja jawabannya?

      1. Apa salahnya dulu iblis jadi “ketua” malaikat. Bukankah sudah dikisahkan bahwa dulu sebelum ada nabi Adam iblis itu adalah makhluk terbaik (lebih baik dari malaikat) dan akhirnya menjadi durhaka dan dimurkai Allah.

      2. Pada bulan puasa memang manusia terhindar dari “godaan iblis” tetapi tidak terhindar dari “nafus dan syahwatnya”, karena “nafsu syahwatnya” tidak diikat kan? Artinya jika bulan puasa manusia itu masih bermaksiat berarti memang manusianya seperti itu bukan karena godaan iblis.

      Ayo berfikir lagi :) )

  • Avatar

    Ir Nbx Oct 21 2011 - 8:52 am Reply

    Assalamualaikum wr wb

    Subhanallah….mengapa kita harus berdebat dan melecehkan orang lain…untuk kita semua yg suka belajar…menurut saya…kita pahami dan mengerti isinya aja..jika emank bermanfaat dan emank tdk bertentangan dgn logis berfikir kita ya tentunya secari islami…mengapa harus memberikan sanggahan yang pada akhirnya hanya menimbulkan pertikaian…
    btw…thanks a lot untuk yang terhormat mas Yanurmal atas posting2nya yg membuat kita semua menjadi semakin mengerti dan memahami islam dan diri kita sebagai hamba ALLAH dan Umat yg Setia terhadap ajaran Nabi yg mulia Rasulullah SAW

    Salam Hormat
    Ir Nbx

  • Avatar

    Fachrudin Oct 30 2011 - 9:27 pm Reply

    Agama Islam dibangun dengan berlandaskan dalil-dalil yg bisa dipetanggungjawabkan…
    Bukan masalah bermanfaat atau tidak, masuk akal atau tidak, aneh atau tidak…
    Namun memang benar-benar bersumber dari Allah Swt melalui Rasul-Nya…

    Maka semoga penulis berkenan dengan detail memaparkan sumber hadist di atas, nama kitab dan halamannya agar tidak timbul prasangka buruk.

    Saya pribadi belum pernah menemukan sumber kisah diatas baik langsung dari kitab hadist maupun pencarian internet…

    Semoga kebenaran yang ditampakan kepada kita, dan kita dapat mengikutinya…Aamiin.

  • Avatar

    Dimas pratama Nov 26 2011 - 8:19 pm Reply

    ..SUBHANALLAH..suatu pelajaran yang sangat berarti..

  • Avatar

    Herdy Jan 8 2012 - 2:53 am Reply

    Iblis benar-benar hebat dalam menjerumuskan Manusia,kita sebagai Manusia harus berhati-hati sekali dengan trik godaan y.Umpan yang paling mematikan adalah WANITA dan Harta….!!!

  • Avatar

    Nuy Feb 8 2012 - 9:05 am Reply

    Assalamu alaikum….
    Subhanallah walhamdulillah…….
    Setelah membaca ini, (yg terpenting) kita jadi tau yang mana menjadi teman Iblis dan yang mana musuh Iblis. Itu adalah pilihan…
    Semoga kita tergolong umat Nabi Muhammad SAW sebagai musuh IBLIS, Amiiin…..

  • Avatar

    nurcahyadi Mar 3 2012 - 4:42 pm Reply

    Pernyataan bahwa Iblis sebagai ketua malaikat adalah berasal dari cerita Israiliyat dari Taurat. Di Alquran sudah dijelaskan bahwa iblis adalah suatu golongan tersendiri. Hati-hati banyak sekali cerita2 yg katanya islami tapi itu semu sebenarnta berasal dai cerita2 Israiliyat yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Terus terang secara pribadi saya tidak percaya hadist tersebut. Cukup Alquran saja panutanku, bila hadits ternyata menyelisihi Alquran maka itu wajib ditinggalkan/

  • Avatar

    Hamba Allah Apr 6 2012 - 3:37 pm Reply

    Assalammualaikum wr.wb.
    Sesungguh nya iblis serta bala tentara nya adalah musuh yang nyata bagi anak cucu adam. Dan Islam adalah agama yang sebenar – benarnya.

  • Avatar

    miqdad May 8 2012 - 10:50 pm Reply

    wwwwwwwwwwooooooooooooooooooooooooooooowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww…….. menyentuh hati banget nh cerita..

  • Avatar

    SIGIT GIANTORO May 10 2012 - 5:20 pm Reply

    artikelnya bagus banget
    mudah” yang baca artikel ini bisa bertaubat

    amien

    dan kelak jika kita mati nanti kita akan bertemu di syurganya Allah meskipun kita tak kenal muka namun agama kita sama yaitu ISLAM

    Salam kenal :D

    Wasalam….

  • Avatar

    Acep Aprilyana May 21 2012 - 1:25 pm Reply

    Aslkm.Wr.Wb….

    Izin reblog di blog saya Pak. Terima kasih. ;-)

  • Avatar

    muhsin Jun 7 2012 - 4:54 pm Reply

    Dongeng di atas sangat bagus dan penuh hikmah…
    masalahnya “sanad periwayatannya tidak disebutkan”
    kalau ada riwayat yg mengatasnamakan Rasulullah SAW….yg belum pasti… JANGAN dibilang berasal dari Rasul saw (karena itu termasuk Dusta atas nama Rasul saw )

    SyaikH Abbdurrahman Sahim ditanya tentang riwayat di atas , beliau katakan itu kisah DUSTA
    lebih jelas dan otentiknya bisa dilihat di http://www.elaana.com/vb/t36346

  • Avatar

    Jhony Jul 14 2012 - 10:01 pm Reply

    Yang bikin kaga bagus ni artikel, cuma komen2 yang aneh bang.. kaya misalkan kaga percayalah, apalah… emng perbedaan pendapat itu boleh.. tp ga usah di bikin ribet lah bro… klo yg kaga percaya.. ga usah lu umbar ketidak percayaan lo… yaa mungkin yang posting ini niatnya baik buat ngasih pencerahan agar kita kaga tersesat.. naah klo ada komen yg bilang kaga percaya.. nnti malah org yang awam jadi ikut kaga percaya, nah jadinya bisa berbuat dosa, dosa itu perbuatan syaitan,, org yang menghasutnya bisa jadi kaya yg cerita di atas dong.. Islam itu damai dan mudah cuy.

  • Avatar

    puput Jul 23 2012 - 4:36 pm Reply

    SEMOGA BERMANFAAT UNTUK MNJADI PELAJARAN KITA AGAR TIDAK TERJERUMUS KE LEMBAH LAKNAT IBLISSSSSSS……….

  • Avatar

    Aji Andri Aug 2 2012 - 5:27 pm Reply

    Ass
    Izin re blog jga y pak di blog saya… msh newbie pak :D

  • Avatar

    kaisar Aug 14 2012 - 12:30 am Reply

    mantapp….
    mw nanyak ni
    tlong jwbannya yaaaa……
    mengenai alan gaibb
    apakah iblis,jin,setan,hantu itu sma,,sjeniss…
    kalok brbeda
    dmana letak prbedaannyaa…????

  • Avatar

    Ekanninggar Noor Adhitya Sep 26 2012 - 4:08 pm Reply

    Thank’s very much…..,semoga ilmu ini senantiasa tersebar ke segala penjuru dunia….,

  • Avatar

    Fatih Mar 16 2013 - 11:21 am Reply

    Islam itu, bukan hanya memandang dari sisi kebaikan yang Dzhahir (kasat mata) saja. Tapi juga mengedepankan kebenaran. Untuk cerita ini, jika saja dikatakan “Saya tidak tahu ini hadits atau bukan. Tetapi kita semua bisa mengambil himahnya,” maka saya setuju. Karena Islam mengejarkan untuk mengambil hikmah.

    Tapi rekan2 sekalian, perlu kita ingat bahwa apaun yang dinisbatkan kepada Rasulullaah, perlu dikaji derajat keterpercayaannya. Karena kita perlu tahu apakah itu benar dari Rasulullaah sawa atauakah tidak. Karena apa yang disampaikan beliau merupakan ajaran dari Allah. Jika ada orang lain yang jahil ingin menisbatkan kepada beliau namun beliau sebenarnya tidak mengatakan hal demikian, maka bisa jadi Islam telah dicampuri tangan2 orang2 jahil. ITulah yang perlu kita miliki, yakni mempunyai landasan hukum yang kuat. Itulah mengapa sampai saat ini, Islam terpercaya, karena pengawasan dalil2 yang menjadi wahyu sangatlah ketat. Tidak langsung diterima sala itu baik. Sebab, apa yang baik menurut kita, belum tentu baik menurut Allaah. Begiutu pula sebaliknya.

Leave a reply

Name (required)

Website

Switch to our mobile site